Volume Sampah meningkat di Bengkalis

Volume Sampah di Bengkalis Meningkat Selama Ramadan

Volume Sampah di Bengkalis Meningkat Selama Ramadan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis H. Arman AA

BENGKALIS (CAKAPLAH) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, H Arman AA, mengungkapkan, volume sampah mengalami peningkatan selama bulan Ramadan dari hari biasanya.
Peningkatan drastis terjadi di Kecamatan Mandau. Tiap harinya, sampah di Mandau berkisar 322 ton, hari biasanya hanya 230 ton. Kecamatan Bengkalis sebelumnya hanya sekitar 27 ton, memasuki Ramadan ini setidaknya menjadi 41 ton per hari.
Sedangkan untuk beberapa kecamatan lainnya produksi sampah juga mengalami kenaikan, berkisar 0,5 ton sampai 2 ton per hari dari biasanya, seperti Kecamatan Bantan dari sekitar 10 ton mencapai 10,5 ton per hari.
Peningkatan produksi sampah di sejumlah kecamatan itu menurut Arman, merupakan dampak dari munculnya pedagang-pedagang dadakan dan tingginya transaksi jual beli masyarakat.
"Bukan sampah rumah tangga, sampah itu berasal dari sisa makanan, dan munculnya pedagang dadakan selama Ramadan seperti di tepi-tepi jalan. Tidak hanya di Pulau Bengkalis tapi hampir merata di seluruh kecamatan," ungkap Arman, Rabu (30/5/2018).
Meningkatnya produksi sampah ini, petugas dan angkutan yang dikerahkan untuk melakukan pembersihan juga masih seperti biasanya. Namun, ada penambahan pembilasan apabila diperlukan.
Kesempatan ini, Arman juga mengakui bahwa peran aktif masyarakat dalam pemilahan sampah organik, anorganik, basah atau kering belum memenuhi harapan.
"Kita terus mengimbau sampah dapat dipilah dan bagaimana sampah bisa menjadi uang. Saat ini belum memenuhi harapan, atau belum maksimal. Dapat saja masyarakat memilah mana sampah kering dan basah sudah cukup luar biasa," pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAN Bengkalis Buka Pendaftaran Calon Anggota Legislatif Untu Hadapi Pemilu 2019

Uang dan emas Habis