resume software aplikasi saga gis



RESUME SOFTWARE
APLIKASI SAGA GIS

Dosen Pengampu : M. Ali Murtadho, S.Kom., M.Kom.












Di Susun Oleh :
Luluk Nadila (4117001)



PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM
JOMBANG
2019
Resume Sistem untuk Analisis Geoscientific Otomatis (SAGA GIS)
Sistem untuk Analisis Geoscientific Otomatis (SAGA GIS) adalah program komputer sistem informasi geografis (SIG), yang digunakan untuk mengedit data spasial. Ini adalah  perangkat lunak bebas dan sumber terbuka , yang awalnya dikembangkan oleh tim kecil di Departemen Geografi Fisik, Universitas Göttingen , Jerman, dan sekarang dikelola dan diperluas oleh komunitas pengembang internasional.
SAGA GIS dimaksudkan untuk memberikan para ilmuwan platform yang efektif tetapi mudah dipelajari untuk menerapkan metode geosains. Ini dicapai oleh antarmuka pemrograman aplikasi (API). SAGA memiliki seperangkat metode geoscientific yang berkembang pesat, yang dibundel dalam pustaka modul yang dapat ditukar.
Modul standar adalah:
  • Akses file : antarmuka ke berbagai format tabel, vektor, gambar dan file grid, termasuk shapefile , grid Esri (ASCII dan binary), dan banyak format file grid yang didukung oleh Geospatial Data Abstraction Library (GDAL), bersama dengan format asli SGRD dari SAGA GIS.
  • Filter untuk kisi : Gaussian, Laplacian, multi-directional Lee filter.
  • Gridding : interpolasi dari data vektor menggunakan triangulasi, tetangga terdekat, jarak terbalik.
  • Geostatistik : analisis residual, kriging biasa dan universal, analisis regresi tunggal dan berganda, analisis varian.
  • Kalkulator grid : menggabungkan grid melalui fungsi yang ditentukan pengguna.
  • Diskresi jaringan : skeletonisation, segmentasi .
  • Alat bantu grid : penggabungan, pemasangan kembali, pengisian celah.
  • Klasifikasi gambar : analisis klaster, klasifikasi kotak, kemungkinan maksimum, pengenalan pola, pertumbuhan wilayah.
  • Proyeksi : berbagai transformasi koordinat untuk data vektor dan kisi (menggunakan perpustakaan Proj4 dan GeoTrans), georeferensi kisi.
  • Simulasi proses dinamis : TOPMODEL, distribusi nitrogen, erosi, pengembangan lanskap.
  • Analisis medan : perhitungan geomorfometrik seperti kemiringan, aspek, kelengkungan, klasifikasi kelengkungan, hillshading analitis, eliminasi bak cuci, analisis alur aliran, penggambaran daerah tangkapan air, radiasi matahari, garis-garis saluran, ketinggian relatif.
  • Alat vektor : persimpangan poligon, garis kontur dari kisi.
SAGA GIS adalah alat yang efektif dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang ramah pengguna yang hanya membutuhkan sekitar 10 MB ruang disk. Tidak diperlukan instalasi, karena SAGA GIS dapat dijalankan langsung dari USB thumb drive jika diinginkan.
SAGA GIS tersedia untuk Windows , Linux , dan FreeBSD .
SAGA GIS dapat digunakan bersama dengan perangkat lunak SIG lainnya seperti Kosmo dan QGIS untuk mendapatkan detail yang ditingkatkan dalam dataset vektor serta kemampuan produksi peta dengan resolusi lebih tinggi. Modul SAGA GIS dapat dijalankan dari dalam perangkat lunak analisis data statistik R , untuk mengintegrasikan analisis statistik dan GIS.
REFERENSI
·         Böhner, J., McCloy, KR, Strobl, J. [eds.] (2006): SAGA - Aplikasi Analisis dan Pemodelan. Göttinger Geographische Abhandlungen, Vol.115, 130pp.
·         Böhner, J., Blaschke, T., Montanarella, L. [eds.] (2008): SAGA - Seconds Out. Hamburger Beiträge zur Physischen Geographie und Landschaftsökologie, Vol.19, 113pp.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAN Bengkalis Buka Pendaftaran Calon Anggota Legislatif Untu Hadapi Pemilu 2019

Uang dan emas Habis