Upacara Hari Lahir Pancasila Berlangsung Khidmat di Bengkalis

Upacara Hari Lahir Pancasila Berlangsung Khidmat di Bengkalis
Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Bustami HY, memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Bengkalis Jalan Ahmad Yani, Jum'at (1/6/2018) pagi.

BENGKALIS,Rajawali Riau News Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Bustami HY, memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Bengkalis Jalan Ahmad Yani, Jum'at (1/6/2018) pagi.
Upcara digelar sekitar pukul 08.45 WIB dan berlangsung khidmat. Ratusan peserta terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN Pemkab Bengkalis, Ormas Kepemudaan, mahasiswa dan pelajar meramaikan barisan.
Kemudian, ikut dalam upacara Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetyo, Kapolres AKBP Yusup Rahmanto, Ketua PN Sutarno, Kasi Intel Lignauli Sirait, Ketua MUI Amrizal dan perwakilan Pos AL Bengkalis.
Bustami dalam membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo mengatakan, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.
Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.
Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.
Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.
"Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ucap Sekretaris Daerah Bengkalis.
Bustami menuturkan, sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu diharapkan bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika adalah kunci utamanya.
Ada pun peringatan Hari Lahir Pancasila bersempena dengan bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.
"Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat," imbuhnya.
Bustami mengajak semua elemen memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.
"Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh,"tandasnya membacakan Presiden Joko Widodo.
Usai upacara Harlah, Sekretaris Daerah dan rombongan langsung berziarah ke makam pahlawan Kesuma Kesatria.Arianto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAN Bengkalis Buka Pendaftaran Calon Anggota Legislatif Untu Hadapi Pemilu 2019

Uang dan emas Habis